Friday 13 March 2015

Kategori: , , ,

Nama-nama Bulan Hijriah dan Penjelasannya


Sebagai salah satu usaha kita untuk menerapkan ajaran Islam ke dalam kehidupan kita, sudah sewajarnya kita mengenal nama-nama bulan dalam tahun Islam, Tahun Hijriah, hingga kemudian kita bisa membiasakan diri dengan bulan-bulan Islam. Karena itu mari simak penjelasan berikut.

Muharam: dinamai muharam karena masyarakat Arab dahulu dilarang berperang dalam bulan itu.

Safar: dinamai safar karena masyarkat Arab dahulu biasa meninggalkan rumah mereka di bulan ini untuk berperang. Dikatakan juga hal ini karena di bulan ini masyarakat Arab meninggalkan rumah untuk menghindari kekeringan di musim panas.

Rabi’ al-awal: dinamai Rabi’ al-awal karena bertepatan dengan musim semi.

Rabi’ al-akhar: dinamai Rabi’ al-akhar karena bertepatan dengan musim dingin.

Jumada al-‘Ula: dinamai Jumada al-‘Ula karena air mulai membeku di musim dingin dan hal itu bertepatan dengan waktu Jumada al-‘Ula.

Jumada al-‘Ukhra: dinamai Jumada al-‘Ukhra karena bertepatan dengan musim dingin. 

Rajab: berasal dari kata bahasa Arab rajaba yang bermakna mensucikan sesuatu. Masyarakat Arab dahulu mensucikan bulan Rajab dengan berhenti berperang.

Sya’ban: berasal dari kata bahasa Arab tasy’aba yang bermakna berjalan ke arah yang berbeda. Dikatakan bahwa nama Sya’ban diambil karena masyarakat Arab dahulu biasa berjalan ke arah yang berbeda untuk berperang melawan musuh. 

Ramadhan: berasal dari kata bahawa Arab Ar-ramda yang mengacu pada makna ‘sangat panas’. Momen ramadhan identik dengan cuac panas ekstrim yang berasal dari Peninsula. 

Syawal: berasal dari kata bahasa Arab tasyawala yang bermakna kekurangan susu unta. 

Dhu al-qo’dah: dinamai Dhu al-qo’dah karena masyarakat Arab dulu menolak berperang dengan musuh karena mereka menyebut bulan ini adalah bulan suci. 

Dhu’l-Hijjah: dinamai Dhu’l-Hijjah karena masyarakat Arab biasa melaksanakan haji di bulan ini. 

Semoga kita bisa lebih mengenal dan menggunakan bulan-bulan Hijriah!

muslimvillage.com

avatarRedaksi
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dipersilakan membagikan artikel-artikel yang ada di blog ini tanpa perlu meminta izin kepada tim redaksi kisah muslim dunia dengan tetap mencantumkan sumber.

← Bagikan


Share/Bookmark

0 comments:

Post a Comment