Saturday 11 October 2014

Kategori: , , , ,

Penciptaan Hawa

Ada sebuah pertanyaan. Bagaimana penciptaan Hawa? Ini pertanyaan yang menarik dan memiliki jawaban yang sangat cantik. Berdasarkan beberapa hadis, Adam alaihissalam adalah satu-satunya makhluk manusia yang diciptakan pada saat itu. Tak ada yang lain. Syahdan beliau alaihissalam merasa kesepian. Kesepian karena melihat jumlah malaikat yang begitu banyak. Makhluk lain juga begitu banyak. Oleh karena itu, beliau alaihissalam menginginkan teman, beliau alaihissalam selalu mendoa kepada Allaah agar diberikan teman, sesuatu yang bisa buat beliau alaihissalam nyaman. Suatu hari ketika beliau alaihissalam bangun dari tidur, beliau alaihissalam melihat seseorang yang sangat mirip dengan beliau alaihissalam.

Apa yang bisa kita petik dari kisah ini?

Sesungguhnya wanita diberikan kepada laki-laki sebagai sebuah hadiah, setelah doa yang khususk dipanjatkan. Kita memohon kepada Allaah semoga kita termasuk orang-orang yang bersyukur karena itu dan termasuk orang-orang yang mampu memahami hal itu. Karena begitu banyak orang lupa tentang hal ini. Mereka tidak menyadari bahwa sesungguhnya wanita adalah sebuah hadiah. Tetapi juga izinkan saya mengingatkan kepada para wanita. Hiduplah seakan-akan dirimu adalah hadiah istimewa dan bukan sebagai beban.

Allaah berfirman:

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (An-Nisaa’:1).

Allah berfirman kami telah menciptakan istrinya yaitu Hawa darinya yaitu Adam alaihissalam. Dan ada sebagian wanita yang malu mengakui bahwa dirinya diciptakan dari Adam alaihissalam. Mengapa malu? Kami (pria) diciptakan dari tanah. Setidaknya kalian diciptakan dari sesuatu yang sudah hidup. Tak ada yang memalukan. Inilah sejarahnya, tak perlu menolak hadis shahih dan tak perlu juga menolak apa-apa yang datang dari Al-Qur’an. Dengan jelas telah dijelaskan di permulaan surat An-Nisa’ bahwa Allaah telah menciptakan pria dan Dia menciptakan wanita dari pria

Hadis dari Abu Hurairah dalam shahih Bukhari menyebutkan tentang tulang rusuk Adam alaihissalam. Tak ada yang salah dengan makhluk yang diciptakan dari sebuah tulang rusuk. Dan ketika hadis itu berbicara mengenai tulang rusuk yang bengkok. Dan jika anda (pria) berusaha meluruskannya, anda mungking akan mematahkannya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam meperlakukan wanita, berbaikhatilah kepada wanita, dan bersabarlah kepadanya. Karena jika anda berusaha meluruskannya seperti lurusnya peniti Anda mungkin mematahkannya, dan itu benar terjadi.

Tidak mungkin dua insan itu sama persis. Ketika saya masih muda dulu, orang tua saya selalu berkata, “Kelima jari tangan memiliki bentuk yang berbeda-beda.” Ayah saya berkata,”Jika kamu berusaha, mereka bisa jadi satu!”

Anda perlu merenggangkan yang satu, dan mengatur yang lain dan akan anda dapati satu kesatuan. Jadi artinya bahwa sebuah usaha perlu kita keluarkan untuk menjadi pasangan yang serasi. Sebuah laku untuk memberi dan diberi, semoga Allah melimpahkan kebaikan kepada kita.

avatarRedaksi
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dipersilakan membagikan artikel-artikel yang ada di blog ini tanpa perlu meminta izin kepada tim redaksi kisah muslim dunia dengan tetap mencantumkan sumber.

← Bagikan


Share/Bookmark

0 comments:

Post a Comment