Friday 3 April 2015

Kategori: , , , , ,

SubhanaAllah, Islam Jadi Agama Dengan Angka Pertumbuhan Tercepat di Dunia


Sekitar empat dekade yang akan datang Islam diperkirakan akan menjadi agama dengan angka pertumbuhan tercepat dibanding agama-agama lain di dunia. Berdasarkan penelitian Pew Research Center yang dipublikasikan Kamis (2/4/2015), populasi pemeluk Islam akan hampir menyamai pemeluk Kristen dalam hal jumlah dan penyebaran populasi di seluruh dunia. Pemeluk Islam akan mencapai 2,76 milyar jiwa dan akan memenuhi 30 persen populasi dari seluruh penduduk dunia.

Badan independen yang berkantor di Washington Amerika Serikat ini telah melakukan penelitian ini selama enam tahun. Selama itu pihaknya telah mengumpulkan data dari 234 negara dan wilayah teritorial untuk membuat perkiraan jumlah pemeluk dari lima agama besar dunia, yakni Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Yahudi. Termasuk juga agama-agama adat dan ateis.

Penelitian tersebut didasarkan pada angka kelahiran dan kematian penduduk, pola imigrasi, dan angka perpindahan agama. Penghitungan lain didapat dari hasil sensus penduduk, survei demografis, dan penyebaran kuesioner tentang pertanyaan agama yang dipeluk.

Estimasi kesimpulan ini didasarkan pada data yang ada di lapangan saat ini dan asumsi fenomena demografis. Misalkan, rata-rata wanita muslim saat ini melahirkan tiga anak―angka tertinggi ketimbang wanita di agama lainnya. Di waktu yang akan datang, jika angka pendidikan dan pekerjaan meningkat, angka itu juga bisa berubah.

Namun demikian tak seorang pun peneliti yang tergabung dalam penelitian itu memiliki kesimpulan bulat. Sehingga kejadian-kejadian semisal peperangan, penyakit menular, bencana alam, dan kehancuran ekonomi bisa menurunkan angka itu.

Berikut beberapa temuan dari penelitian tersebut:


  • Di tahun itu, India diperkirakan akan menjadi negara dengan pemeluk Islam terbesar, hingga melampui Indonesia.

  • Di Amerika, Pemeluk Kristen akan menurun dari 75% ke 66% dari seluruh pupulasi. Jumlah pemeluk Islam akan melampaui jumlah pemeluk Yahudi dan menjadi agama non-Kristen terbesar di Amerika.

  • Lebih dari 10% penduduk Eropa adalah muslim di tahun itu. Sementara jumlah pemeluk Kristen akan menurun 100 juta.

  • Pemeluk Islam diperkirakan akan mencapai lebih dari 50% dari keseluruhan penduduk di 51 negara, termasuk Republik Macedonia dan Nigeria.


ARABNEWS
EDITION.CNN
PEWFORUM

avatarRedaksi
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dipersilakan membagikan artikel-artikel yang ada di blog ini tanpa perlu meminta izin kepada tim redaksi kisah muslim dunia dengan tetap mencantumkan sumber.

← Bagikan


Share/Bookmark

0 comments:

Post a Comment